Mengenal Berbagai Macam Jenis Lampu LED Beserta Kegunaannya

Apr 8, 2022

Di masa lalu, penggunaan lampu LED masih sangat terbatas dan hanya tersedia dalam beberapa desain saja.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini lampu LED sudah diimplementasikan ke dalam beragam bentuk yang bervariasi mulai dari tabung, bola golf, reflektor, lampu sorot, dan masih banyak lagi. Dibandingkan dengan lampu pijar lainnya, lampu LED memiliki berbagai fitur yang canggih seperti hemat energi, tahan lama, dan tersedia dalam ukuran kecil.

Nah, berikut ini merupakan penjelasan yang lebih lengkap mengenai apa itu LED dan macam-macam jenis serta kegunannya pada implementasi sehari-hari.

 

Apa Itu LED?

LED adalah singkatan dari Light Emitting Diode, dan merupakan perangkat semi-konduktor yang mampu mengubah energi listrik menjadi cahaya. Lampu LED pertama kali dikembangkan pada tahun1960-an, sekitar 100 tahun setelah penemuan pertama lampu pijar, namun baru dikenal luas selama beberapa dekade belakangan karena kemampuan pencahayaannya yang jauh lebih andal.

Efisiensi, masa pakai, dan keserbagunaannya inilah yang membuat lampu LED menjadi pilihan yang sering digunakan dalam beragam aplikasi sebagai sumber penerangan yang lebih baik dibandingkan jenis lampu pijar lainnya.

 

Apa Saja Kegunaan LED?

Karena popularitasnya yang terus berkembang, berbagai jenis lampu LED terus bermunculan dan semakin banyak digunakan dalam aplikasi yang sangat luas. Berdasarkan jenisnya, berikut ini adalah berbagai macam kegunakan LED yang perlu Anda tahu.

1.     Mini LED

Mini LED memiliki ukuran kecil dan compact yang meliputi chip, nano, dan pico. LED jenis ini biasanya tersedia dalam satu warna dan bentuk saja. Aplikasi umum yang banyak menggunakan mini LED di antaranya adalah remot kontrol, kalkulator, dan ponsel.

2.     High Power LED

Sama seperti namanya, high power LED mampu menghasilkan output yang lebih tinggi dibandingkan tipe lainnya. Daya tinggi yang dihasilkan dari high power LED dapat bervariasi berdasarkan pijaran, panjang gelombang, dan voltase. Beberapa aplikasi yang menggunakan high power LED di antaranya headlamp, lampu depan mobil, serta aplikasi industri dan mekanik salah satunya adalah LED Floodlight.

3.     Alphanumeric LED

Alphanumeric LED adalah salah satu jenis LED populer lainnya yang mampu menampilkan serangkaian huruf, angka, dan berbagai macam simbol. Penggunaan alphanumeric LED dapat Anda temukan pada jam digital, timbangan digital, kalkulator, dan DVD/VCD player.

4.     Lighting LED

Lighting LED adalah jenis LED yang biasanya digunakan sebagai sumber pencahayaan ruangan, karenanya tersedia dalam berbagai macam ukuran dan bentuk berbeda yang mencakup iluminator, tabung, batang, dan bohlam lampu.

5.     RGB LED

RGB LED merupakan singkatan dari Red Green Blue LED, dan bekerja dengan cara mengkombinasikan emitor merah, hijau, dan biru untuk menghasilkan warna yang diinginkan. Berkat kecanggihan teknologi saat ini, pada dasarnya RGB LED dapat menghasilkan hampir semua jenis warna, karenanya banyak digunakan untuk menampilkan gambar dan video seperti iklan billboard atau store sign.

6.     Flashing LED

Secara umum, flashing LED tampaknya terlihat seperti lampu LED biasa. Kendati demikian, LED jenis ini memiliki mekanisem yang lebih kompleks guna memancarkan cahaya yang sesuai pada frekuensi yang diinginkan. Contoh aplikasi yang menggunakan flashing LED adalah digital signage, lampu kendaraan, dan lampu sepeda.

 

Lampu LED adalah sumber pencahayaan yang terang, tahan lama, dan hemat energi. Bahkan menurut Kementrian Energi Amerika Serikat, penggunaan LED mampu menghemat energi hingga 75% lebih sedikit dibandingkan dengan lampu pijar alternatif.

Dengan demikian, ini menjadikan LED sebagai pilihan yang terdepan dalam hal efisiensi serta membantu properti domestik dan komersial dalam menurunkan jejak karbon dan menekan biaya tagihan listrik.

Oleh karenanya, mengalihkan sumber pencahayaan Anda sepenuhnya menggunakan lampu LED akan membantu Anda untuk menghemat lebih banyak pengeluaran setiap bulannya.

Share This :